Macam-Macam Kata Kerja dalam Bahasa Inggris

Setelah kita belajar dan mengetahui Garis Besar Grammar dalam Bahasa Inggris, pasti ada berbagai pertanyaan yang muncul di benak kita mengenai Verbs, Nouns, Adjectives, Adverbs, Pronouns, Prepositions, Conjunctions, Interjections. Setelah di page sebelumnya kita sudah membahas sekilas masalah arti dan beberapa contoh dari bagian-bagian tersebut, kini saatnya kita mengulas satu persatu. Pertama yang akan kita bahas adalah Verbs.

Verbs atau yang lebih familier dikenal dengan kata kerja adalah kata yang menunjukkan sebuah tindakan yang dilakukan. Tapi yang perlu kita garis bawahi adalah verb bukan semata kata kerja yang dilakukan oleh subyek dan dilakukan pada saat sekarang juga. Penggunaannya akan tersusun rapi dalam rumus-rumus bahasa inggris yang sebagian besar bisa kita pahami setelah mempelajari Tenses. Sebaiknya sebelum kita terjun terlalu dalam dalam belajar bahasa Inggris, terlebih dahulu anda pelajari 5 tenses dasar dan untuk selanjutnya bisa dikembangkan kedalam tenses lainnya dan pelajaran grammar yang lain agar anda tidak bingung . Dan langsung saja kita ke pembahasan utama mengenai macam-macam verbs.

Macam-macam Kata Kerja (Verbs) Bahasa Inggris


1. Finitive Verb

Finitive Verbs adalah kata kerja terbatas yang dalam penggunaannya berubah berdasarkan subyek dan tenses yang digunakan. Verb ini berfungsi sebagai predikat dalam kalimat.

Penjelasan Lebih Lengkap mengenai Finitive Verb silahkan buka halaman Penjelasan Finitive Verb


2. Auxiliary Verb

Auxilary Verb adalah kata kerja di dalam bahasa inggris yang mempunyai kemampuan untuk memberi modifikasi arti dari suatu kalimat. Biasanya berada sebelum kata kerja utama.

Terdiri dari kata kerja pembantu  primary (be, do, have) dan modal auxiliary verb (can, could, may, might, will, would, shall, should, must, ought to).

Penjelasan Lebih Lengkap mengenai Auxiliary Verb silahkan buka halaman Penjelasan Auxiliary Verbs


3. Linking Verb

Linking verb adalah kate kerja yang menghubungkan subyek dengan informasi atau deskripsi subyek tersebut. Kata ini hanya bersifat sebagai penghubung.

Linking verbs terdiri dari: verb of sensation (feel, look, smell, sound, taste) dan verb of being (act, appear, be, become, continue, grow, prove, remain, seem, dan turn).

Penjelasan Lebih Lengkap mengenai Lingking Verb silahkan buka halaman Penjelasan Linking Verb


4. Transitive Verb

Transitive verb adalah kata kerja yang selalu diikuti oleh obyek sebagai penerima aksi pekerjaan dari subyek.  Jika setelah kata kerja tidak diikuti oleh obyek, maka ada sesuatu yang hampa atau terdengar janggal.

Penjelasan Lebih Lengkap mengenai Transitive Verb silahkan buka halaman Penjelasan Transitive Verb


5. Intransitive verb

Intransitive verb adalah kata kerja yang dalam penggunaannya tidak diikuti oleh obyek sebagai penerima aksi pekerjaan subyek. Tanpa obyek kata kerja ini sudah bisa diketahui maknanya dan sudah dianggap lazim.

Penjelasan Lebih Lengkap mengenai Intransitive Verb silahkan buka halaman Penjelasan Transitive Verb


6. Regular Verb 

Regular Verb adalah kata kerja yang dalam bentuk kedua (V2) dan ketiga (V3) memiliki bentuk yang beraturan dan hanya mendapatkan akhiran -en, -d, -ed, -t, -ne, dan –n,  dari kata kerja pertama (V1).

Penjelasan Lebih Lengkap mengenai Regular Verb silahkan buka halaman penjelasan regular verb


7. Irregular Verb

sedangkan irregular verb adalah kata kerja yang dalam bentuk kedua (V2) dan ketiga (V3) memiliki bentuk yang tidak beratuan dan tidak dapat diprediksi penambahannya atau perubahannya seperti kata kerja regular. Kadang semuanya mirip, kadang berbeda semua dan kadang ada yang berbeda dan ada yang sama antara V1, V2 dan V3. Dan kata kerja inilah yang sebenarnya pelu kita hafal, selain kata kerja ini biasanya masuk dalam regular Verb.

Penjelasan Lebih Lengkap mengenai Irregular Verb silahkan buka halaman Penjelasan Irregular Verb



Sedikit penjelasan mengenai Verb, semoga bisa memberi gambaran untuk lanjut ke materi berikutnya.

0 Response to "Macam-Macam Kata Kerja dalam Bahasa Inggris"

Post a Comment

Untuk materi yang kurang jelas atau ingin bertanya silahkan isi kolom komentar. Ikuti Update terbaru melalui Fan Page Facebook (Pesan Private silahkan kirimkan lewat Fan Page Facebook)