Penjelasan Irregular Verb


Selain regular verb, dalam penyusunan kalimat kita akan menemui kata kerja tidak beraturan alias irregular verb. Kata kerja bentuk ini adalah kata kerja yang berlawanan dengan regular verb. Secara sadar atau tidak, mau atau tidak, kita akan juga menjumpai kata kerja ini dalam beberapa kalimat yang akan kita buat.

Apa yang dimaksu dengan Irregular Verb?

Irregular Verb adalah kata kerja yang tidak beraturan. Jika regular verb adalah kata kerja yang bentuk ke 2 dan ke 3 memiliki tambahan -d atau -ed. Berbeda dengan irregular verb yang justru tidak bisa ditebak bentuk kata kerja bentuk past tense (V2) dan past participle (v3). Terkadang kita menjumpai kata yang sama dalam V1, V2, dan V3. Adapula yang kata-katanya V1, V2 dan V3 berbeda semuanya dan lain-lain lagi bentuknya. Tapi di sinilah kata kerja yang sebenarnya perlu untuk kita hafalkan karena ketidak teraturannya. Setelah kita hafal dengan kata kerja ini, nantinya akan sangat mudah untuk kita membuat kata kerja yang masuk dalam regular verb yang hanya dengan menambahkan -d atau -ed.

Contoh :

BASE FORM
SIMPLE PAST
PAST PARTICIPLE
MEANING
Cut
Cut
Cut
Memotong
Buy
Bought
Bought
Membeli
Go
Went
Gone
Menandai
Run
Ran
Run
Berlari
Do
Did
Done
Melakukan
Eat
Ate
Eaten
Makan
See
Saw
Seen
Melihat
Sing
Sang
Sung
Menyanyi
Come
Came
Come
Datang
Read
Read
Read
Membaca
Make
Made
Made
Membuat

Come
I will Come
I am Coming 
I Came
I have Come
Andi was Come

He Read a letter
He will Read a letter
He is Reading a letter
He Read a letter yesterday
He has read a letter
The letter was read by him

Contoh tersebut diatas adalah contoh kecil dari berbagai jenis kata kerja yang ada dalam irregular verb. Dalam mengaplikasikannya hampir sama dengan materi yang kita bahas sebelumnya yaitu regular verb. Selain sama penggunaannya, dalam penyusunan kata juga perlu untuk memperhatikan tenses. Tenses ini yang tujuannya adalah untuk memahami arti secara benar dan penggunaan kata yang tepat.

0 Response to "Penjelasan Irregular Verb"

Post a Comment

Untuk materi yang kurang jelas atau ingin bertanya silahkan isi kolom komentar. Ikuti Update terbaru melalui Fan Page Facebook (Pesan Private silahkan kirimkan lewat Fan Page Facebook)