Macam-macam bentuk nouns


Setelah sebelumnya kita mengenal noun dan mempelajari fungsi noun dalam membentuk kalimat, sekarang saatnya kita mempelajadi noun dari segi bentuknya. Jika kita mempelajari dengan memperbanyak contoh terutama di dalam bahasa inggris, pasti kita akan lebih cepat untuk memahami dan mengetahui perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Di sini di Negeri Impian kita akan belajar banyak dan kami tetap berusaha untuk menyajikan materi sedetai dan selengkap mungkin dengan tujuan agar materi ini bisa dengan mudah dipelajari dan mudah untuk di praktekkan.


Untuk pembahasan materi kali ini meliputi  :

  • Countable dan Uncountable Noun yaitu kata benda yang bisa dihitung dan tidak bisa dihitung.
  • Proper dan Common Noun yaitu  kata benda yang spesifik dan kata benda yang umum.
  • Abstract dan Concrete Noun yaitu kata benda yang tidak nyata dan kata benda yang nyata.
  • Collective Noun  yaitu kata benda yang menyatakan kelompok.


Sedikit banyak anda pasti sudah memiliki gambaran bagaimana bentuk dari noun di atas. langsung saja kita masuk ke pembahasan inti dari noun bahasa inggris ini sebagai berikut :


Countable dan Uncountable nouns


Countable nouns

Countable nouns dapat diartikan sebagai kata benda yang bisa dihitung secara langsung. Maksud dari menghitung langsung disini adalah secara kasat mata bisa kita lihat jumlahnya tanpa ada keraguan. Dalam penggunaannya countable noun kadang menggunakan kata bantu a/an yang menunjukkan benda tersebut berjumlah satu sedangkan untuk yang berjumlah lebih dari satu ada kata bantu hitungan angka sebagai penjelasan dari jumlah yang bisa dihitung dan diakhiri s/es di akhir kata benda tersebut.

Contoh :
I have an apple
This is a Flower
we have 3 cats
4 Glases on a table


Uncountable nouns

Untuk uncountable nouns adalah benda yang memiliki kecenderungan untuk sulit dihitung dengan satuan sehingga memerlukan bantuan alat ukur tertentu dalam pembuatan kalimatnya. Misalnya air, kita tidak bisa menghitung air secara pasti, tapi kita bisa mengukurnya dengan menggunakan bantuan alat ukur seperti gelas atau ember. Jadi, disini yang akan mendapatkan hitungan adalah jumlah gelas atau embernya, tapi fokus kita tetep menghitung airnya bukan embernya.

Contoh :
I buy a glass of Water
We have 5 plates of rice


selain dengan menggunakan kata sederhana atau kata bantu hitung, uncountable noun juga lebih memiliki kata-kata bantu yang sebenarnya sudah sering kita gunakan atau sering kita temui dalam buku-buku maupun percakapan berbahasa inggris. Sadar atau tidak sebenarnya kita sudah mempelajarinya hanya saja kurang tau fungsinya. Misalnya any, little dll.

Contoh :
I have any problem
He has little brother


Berikut ini sedikit penjelasan mengenai perbedaan much, many, few, little dan kata bantu lainnya pada penggunaan countable dan uncountable nouns

Much dan Many
Much memiliki kecenderungan untuk digunakan sebagai kata bantu untuk uncountable nouns dan Many lebih cenderung digunakan untuk countable nouns, tapi keduanya sama-sama digunakan untuk menyatakan kata benda yang banyak.

Contoh :
I have so much money
Many people come to this party


Number dan Amount
Keduanya sama-sama memiliki arti sejumlah, tetapi untuk Number lebih cenderung digunakan untuk countable nouns dan Amount digunakan untuk uncountable nouns.

Contoh :
I have a number of question for you
Can you lend me amount of money ?


Few dan Little
Sama-sama memiliki arti sedikit / kecil tapi Few lebih condong digunakan untuk countable nouns sedangkan Little digunakan untuk uncountable nouns.

Contoh :
I see a few car over there
I put a little sugar to my tea


Fewer dan less
Fewer digunakan untuk countable nouns, sedangkan less digunakan untuk uncountable nouns dan mempunyai arti yang sama yakni sedikit / lebih sedikit.

Contoh :
Fewer children read books these days
He had less information on the art course than the history course


Some dan any
Some dan any mempunyai arti yang sama yaitu beberapa, biasa digunakan untuk menyatakan jumlah tak tentu pada countable nouns jamak atau uncountable nouns.
Some biasanya digunakan dalam kalimat berita atau positif atau kalimat tanya (Penawaran dan Permintaan) yang mengharapkan jawaban positif. Sedangkan Any digunakan untuk kalimat negatif dan kalimat tanya yang membutuhkan jawaban yes / no.

Contoh :
I borrow some books
Can I borrow books?

I have not any money
heve you any money?


dan masih banyak lagi kata-kata bantu yang sering digunakan dalam membuat kalimat berbahasa inggris dengan menggunakan countable nouns atau uncountable nouns.


Proper dan Common nouns

Common Noun

Common Noun adalah pengelompokan kata benda yang bersifat umum, bisa berupa orang, tempat atau benda secara umum. Biasanya kata benda ini tidak di awali oleh huruf kapital di awal katanya. Tapi, hal ini tidak berlaku untuk huruf kapital di awal kalimat maupun judul tulisan.

Contoh :
house, children, city dll


Proper Noun

Proper noun adalah penggolongan kata benda untuk orang (person), tempat (place), dan benda yang bersifat lebih spesifik dan mengarah ke tujuan secara jelas. Biasanya kata benda jenis ini di awali oleh huruf kapital pada awal katanya. Biasanya digunakan untuk menyebutkan nama institusi, organisasi, hari, bulan, bangsa, agama dan tempat.

Contoh :
Andi, Jakarta, Trans TV dll


Baik proper maupun common kadang sering kita temui dalam satu kalimat misalnya :
Roni was walking around in the street and he meets a beautiful girl.
Honda is the first company which produces injection technology.



Concrete dan Abstract Noun 

Concrete Nouns

Concrete nouns adalah kata benda yang bisa dilihat, didengar, disentuh, dicium, dirasa. Atau dengan kata lain concrete nouns adalah nouns yang bisa dirasakan dengan indra manusia diantaranya adalah orang, hewan, tempat, dan benda.

Contoh :
Orang: Asri, dentist, firefighter, man
Hewan: barracuda, gorilla, puppy, tiger
Tempat: island, mountain, Monas, Turkey
Benda: cake, coffee cup, fruit, keys,


Abstract Nouns

Abstract nouns adalah kata benda yang tidak bisa dilihat, didengar, disentuh, dicium, dirasa oleh indra manusia. Kita bisa menggunakan abstract nouns untuk menamakan tindakan, acara, gagasan, pikiran, kualitas, dan kondisi.

Contoh :
Aksi dan acara: childhood, Friday, September, war
Gagasan: energy, freedom, idea, luck
Pikiran: anger, courage, depression, freedom
Kualitas: beauty, truth, kindness, truth
Kondisi: cancer, cold, diabetes, flu


Collective nouns

Collective Nouns adalah kata benda yang digunakan untuk menamakan sekelompok orang, binatang, atau benda.

Contoh : 
Flock, Crowd, Committee, Choir, Group, Team


Singular dan Plural sebagai Collective Nouns
Collective nouns bisa berbentuk singular atau plural tergantung dari makna kalimat yang digunakan.

1. Singular (Tunggal)
Collective nouns akan berbentuk singular bila setiap anggota dalam sebuah collective nouns diperlakukan sebagai sebuah kesatuan.

Contoh : 
The team is winning!
Mr. Hidayat's class listens carefully to its teacher’s instructions.


2. Plural (Jamak)
Collective nouns akan berbentuk plural bila setiap anggota dalam sebuah collective nouns beraksi sendiri-sendiri.

Contoh : 
The team are cooperating well tonight. 
Mr. Hidayat's  start their projects while the teacher grades their papers. 


Memberi pembeda antara Plural dan Singular 
Supaya memudahkan membedakan antara singular atau plural maka bisa menambahkan sebuah kata keterangan pada sebuah kalimat dengan collective nouns.

Contoh : 
Supaya memudahkan membedakan antara singular atau plural pada kata jury maka kamu bisa menambahkan members of sehingga collective nouns pasti plural.

The jury [is/are] to convene at 5 o’clock.
(Memerlukan informasi apakah jury singular atau plural?)

The members of the jury are to convene at 5 o’clock.
(Pasti jury plural karena kata members adalah plural)



0 Response to "Macam-macam bentuk nouns"

Post a Comment

Untuk materi yang kurang jelas atau ingin bertanya silahkan isi kolom komentar. Ikuti Update terbaru melalui Fan Page Facebook (Pesan Private silahkan kirimkan lewat Fan Page Facebook)