Memposisikan Noun / Kata Benda dalam Kalimat


Setelah melakukan pembahasan mengenai Noun / kata benda yang berhubungan dengan kelompok kata benda dalam bahasa inggris, sekarang saatnya kita untuk mengulas lebih jauh mengenai kegunaan kata benda di dalam posisinya. Dari penjelasan noun secara singkat yang telah kita bahas sebelumnya, sebenarnya sudah memberi gambaran dalam penggunaan posisi noun dan sudah bisa kita gunakan sebagai pedoman untuk memposisikan noun / kata benda. Tapi, dalam penjelasan sebelumnya memang belum detail sehingga belum bisa dijadikan referensi dalam penggunaannya.

Memposisikan Noun dalam Kalimat

Sebenarnya memposisikan noun dalam membuat kalimat adalah hal yang sudah sering kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari, baik yang bersifat tertulis maupun yang sering kita ucapkan dengan garis besar sebagai berikut :

  • Subyek Kalimat (Subject of a sentence)
  • Pelengkap Subyek / Obyek (Subject / Object Complement)
  • Obyek Langsung / Tidak Langsung  (Direct / Indirect Object)
  • Obyek dari kata depan  (Object of a preposition)

Lagsung saja kita masuk dalam pembahasan dan bagaimana cara menggunakannya


Noun sebagai Subyek Kalimat

Subyek adalah bagian dari unsur pokok suatu kalimat yang akan menentukan kejelasan dari kalimat yang dibuat. Kenapa demikian? karena penempatan Subyek Kalimat (Subject of a sentence) yang tidak tepat akan membuat kalimat menjadi sulit untuk dipahami sehingga fungsi dari subyek adalah sebagai berikut :

  1. Membentuk kalimat seperti : kalimat dasar, kalimat luas, kalimat tunggal, kalimat majemuk
  2. Memperjelas makna kalimat
  3. Menjadi pokok pikiran
  4. menegaskan makna kalimat
  5. Memperjelas pikiran yang diungkapkan
  6. Membentuk kesatuan pikiran

Lalu, bagaimana kita membedakan subyek dengan bagian dari kalimat yang lainnya? Sebenarnya caranya sangat mudah dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Biasanya subyek adalah kata yang bisa dijawab dengan pertanyaan Apa atau Siapa
  2. Bisa juga didahului kata hubung seperti : Jika, Mungkin dll
  3. Ada juga yang disertai atau diganti dengan kata Itu atau Ini
  4. Berupa kata benda 
Tentunya dari beberapa penjelasan yang telah terurai di atas, kita sebenarnya bisa menarik sebuah kesimpulan yang mungkin hampir sama dengan kalimat yang dibuat dalam bahasa Indonesia. Tapi, yang perlu kita garis bawahi adalah bahwa penyusunan kalimat dalam bahasa Inggris memerlukan Rumus yang membedakan antar waktu yang kita sering menyebutnya sebagai TENSES.

Contoh :
Anton is writing letter for anis
He is our dangdut legend
This Cat is Yours
If It is my pen
Maybe They are tired


Noun sebagai Pelengkap Subyek / Obyek

Selain sebagai subyek, tak jarang kita juga sering menggunakan Noun sebagai pelengkap Subyek ataupun sebagai pelengkap obyek. Terdengar aneh karena kita sering tidak memperhatikan Pelengkap Subyek / Obyek (Subject / Object Complement), tapi kita sebenarnya sering menggunakan kalimatnya dalam percakapan kita sehari-hari. Langsung saja kita lihat contohnya :


Contoh :
Cat in a Box is beauty
Person from Canada borrows my blue pencil
You can buy a bag made from plastic
Siti who live in Bandung will come to my house with her new car


Noun sebagai Obyek Langsung / Tidak Langsung 

Kegunaan Obyek sendiri hampir sama dengan Subyek yaitu sebagai pembentuk sebuah kalimat akan tetapi ciri yang ada sedikit berbeda dari ciri-ciri yang dimiliki oleh subyek yaitu:
  1. berupa kata benda
  2. tidak didahului kata depan
  3. mengikuti secara langsung di belakang predikat transitif
  4. jawaban apa atau siapa yang terletak di belakang predikat transitif
  5. dapat menduduki fungsi subjek apabila kalimat itu dipasifkan.

Sebenarnya noun sebagai obyek baik langsung maupun tidak langsung, prinsipnya hampir sama dengan noun sebagai pelengkap obyek atau subyek. Tapi, posisinya lebih pada Obyek utama kalimat yang dibuat sebagai Obyek Langsung / Tidak Langsung  (Direct / Indirect Object). 

Contoh :
Person from Canada borrows my blue pencil
I Buy a bag
Siti who live in Bandung will come to my house with her new car
Ani said "I will open the door"
She asked to me for cooking rice for lunch


Noun sebagai Obyek dari kata depan  

Mungkin kalimat yang satu ini jika kita bandingkan, hampir sama dengan noun sebagai subyek. Hanya saja kata benda ini penggunaannya sebagai Obyek dari kata depan  (Object of a preposition) suatu kalimat secara sadar atau tidak, kita sering menggunakannya dalam percakapan kita sehari-hari dalam bahasa Indonesia. 


Contoh :
On the table my cat sleeps
Beside Anton, I will go to your house
In my house, there is my mother
Infront of you, I will show you my wife

Mungkin cukup ini saja yang perlu saya jelaskan mengenai Memposisikan Noun / Kata Benda dalam Kalimat. Jika masih ada pertanyaan atau pembetulan, silahkan coment atau Inbok melalui fanpage yang tersedia. Terima kasih

0 Response to "Memposisikan Noun / Kata Benda dalam Kalimat"

Post a Comment

Untuk materi yang kurang jelas atau ingin bertanya silahkan isi kolom komentar. Ikuti Update terbaru melalui Fan Page Facebook (Pesan Private silahkan kirimkan lewat Fan Page Facebook)