Personal Pronouns (Kata Ganti Orang)


Personal Pronouns atau yang dalam bahasa Indonesia sering disebut Kata Ganti Perorangan atau Benda. Materi Personal Pronouns sebenarnya merupakan materi yang sangat dasar yang bisa diberikan kepada anak SD, tapi kebanyakan diatara kita sering menemui di tingkat SMP maupun SMA bahkan tidak tahu atau sering terbalik penggunaanya terutama antara He dan She.

Di dalam materi kali ini kami akan menjelaskan bentuk-bentuk dari Personal Pronouns dan apa kegunaannya beserta contohnya. 


Personal Pronouns Subject

Merupakan kata ganti orang atau benda yang penggunaanya adalah sebagai pembentuk kalimat yang berposisi dalam subyek. Layaknya bahasa Indonesia ada Subyek ada Predikat dan ada Obyek (SPO). Posisi Personal Pronouns jenis ini terletak pada S (Subyek) yang biasanya berada di awal kalimat yang terdiri dari I, You, We, They, He, She, It seperti berikut :

Contoh :

Saya pergi ke pasar
I go to market

Kamu pergi ke pasar
You go to market

Kita pergi ke pasar
We go to market

Mereka pergi ke pasar
They go to market

Dia (lk) pergi ke pasar
He goes to market

Dia (pr) pergi ke pasar
She goes to market

Saya melihat seekor anjing. Anjing yang saya lihat pergi ke pasar
I saw a dog, it goes to market.

(Karena it merupakan kata ganti benda yang menjelaskan suatu benda, kita harus memiliki dasar dalam penggunaanya. Misalnya dengan menunjuk benda, mengisaratkan, sudah sama-sama tahu atau sudah diterangkan sebelumnya)

Untuk lebih mengetahui penggunaan kata kerja / Verb secara tepat, silahkan pelajari juga materi mengenai penyusunan kalimat di dalam Tenses.  


Personal Pronouns Possessive Adjective

Adalah personal pronouns atau kata ganti orang yang menyatakan kepemilikan terhadap suatu benda. Ciri yang kita temui adalah berposisi sebelum kata benda yang dinyatakan kepemilikannya. Possessive Adjective ini terdiri dari My, Your, Our, Their, His, Her, Its. Misalnya sebagai berikut :

Contoh :

Ini pisang milik saya
This is my Banana

Ini pisang milik kamu
This is your Banana

Ini pisang milik kita
This is our Banana

Ini pisang milik mereka
This is their Banana

Ini pisang milik dia (lk)
This is his Banana

Ini pisang milik dia (pr)
This is her Banana

Itu Kera, ini pisang miliknya
That is a monkey, this is its Banana

(Penggunaan its juga sama dengan keterangan yang ada Pada Personal Pronouns Subyek di atas)


Personal Pronouns Possessive Pronouns 

Dalam penggunaan Possesive Pronouns sebenarnya hampir sama dengan Possessive Adjective. Hanya saja perbedaan anatara Possessive Pronouns dan Possessive Adjective adalah peletakan pada sebelum dan sesudah kata benda. Jika Possessive Adjective peletakkannya sebelum kata benda, berbeda dengan Possessive Pronouns yang peletakannya di belakang kata benda. Biasanya setelah kata benda ada tambahan "to be" sebelum kata Mine, Yours, Theirs, Ours, His, Hers, Its. Misalnya

Contoh :

Buku ini milik saya
This book is mine

Buku ini milik kamu
This book is yours

Buku ini milik mereka
This book is theirs

Buku ini milik kita
This book is ours

Buku ini milik dia (lk)
This book is his

Buku ini milik dia (pr)
This Book is hers

Ini bukunya (menunjuk benda)
This Book is its

Personal Pronouns Subject

Hampir sama dengan penggunaan subyek, Personal Pronouns Subject sebernarnya digunakan untuk membuat kalimat dasar yang terdiri dari SPO (Subyek Predikat Obyek). Biasanya terletak di akhir sebuah kalimat. Terdiri dari Me, You, Us, Them, Him, Her, It. Misalnya

Contoh :

Dia (lk) melihatku
He sees me

Saya melihatmu
 I see you

Mereka melihat kita
They see us

Andi melihat mereka
Andi sees them

Saya melihat dia (Pr)
 I see her

Kamu melihat dia (lk)
You see him

Kita melihatnya (kata ganti benda) 
We see it


Dari ke empat penggunaan diatas sebenarnya kita sudah cukup untuk dapat membedakan karena memang yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari dan juga sering kita temui dalam berbagai bentuk kalimat baik yang sederhana maupun yang sedikit rumit.


Reflexive Pronouns

Untuk Penjelasan Reflexive Pronouns akan kami jelaskan di Pembahasan Berikutnya karena ini sedikit berbeda dan juga jarang untuk kita temui.

Pembahasan DISINI

0 Response to "Personal Pronouns (Kata Ganti Orang)"

Post a Comment

Untuk materi yang kurang jelas atau ingin bertanya silahkan isi kolom komentar. Ikuti Update terbaru melalui Fan Page Facebook (Pesan Private silahkan kirimkan lewat Fan Page Facebook)