Penjelasan Finitive Verb


Setelah di bagian sebelumnya kita sudah mempelajari secara sekilas mengenai Macam-macam Kata Kerja (Verbs) Bahasa Inggris. Sekarang giliran kita untuk mempelajari satu persatu dari bagian verb tersebut. Di dalam bagian ini yang akan kita pelajari adalah Finitive Verb yang memang nantinya akan sering kita jumpai baik dalam penulisan bahasa Inggris maupun Percakapan Bahasa Inggris.

Finitive Verb

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, FINITIVE VERB adalah kata kerja terbatas yang dalam penggunaannya berubah berdasarkan Subyek dan tenses yang digunakan baik dari sisi jumlah maupun personalnya. Kata kerja ini merupakan kata kerja utama dari sebuah kalimat. Penggunaan kata kerja ini umumnya hanya digunakan pada Present Tense dan Past Tense, dua tenses inilah yang tidak memiliki imbuhan kata kerja bantu apapun. Hal ini disebabkan karena tenses yang lain menggunakan Auxiliary Verb dalam menyusun kalimat.
Jika masih bingung, langsung saja kita menuju ke contoh kalimat

Seperti yang kita ketahui bahwa kata kerja dibagi menjadi 3 bagian, oleh karena itu dalam penggunaannya akan terbagi seperti berikut :
V1 - V2 -V3 = GO - WENT - GONE = Pulang


Present Tense

I go home
You go home
We go home
They go home
She goes home
He goes home

dari contoh di atas dapat dilihat bahwa go menjadi kata kerja utama di dalam rumus present tense, akan tetapi ada perbedaan antara go dan goes yang disebabkan perbedaan subyek. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat perbedaan ini pada rumus Present Tense.


Past Tense

I went home
You went home
We went home
They went home
She went home
He went home

dari contoh di atas kita bisa melihat bahwa went adalah bentuk kedua dari go. Dalam penggunaannya kata kerja ini tetap menjadi kata kerja utama, tapi tetap memiliki penggunaan berdasarkan waktu yang berbeda. Untuk lebih jelasnya bisa melihat rusmus Past Tense.


Infinitive / Non Finitive

Disisi lain kadang kita juga sering mendengar Infinitive atau Non Finitive. Tapi jangan bingung, mereka adalah kata kerja yang tidak dapat menjadi kata kerja utama dalam sebuah kalimat. Biasanya kata kerja ini akan digunakan sebagai Benda (Nouns), (Kata Keterangan) Adverbs dan (Kata Sifat) Adjectives.

Penjelasan Lebih Lanjut akan kita bahas pada bagian Infinitive

0 Response to "Penjelasan Finitive Verb"

Post a Comment

Untuk materi yang kurang jelas atau ingin bertanya silahkan isi kolom komentar. Ikuti Update terbaru melalui Fan Page Facebook (Pesan Private silahkan kirimkan lewat Fan Page Facebook)